Sulamadaha, Pantai Kaca?

Sempat baca informasi lewat Google dan lihat Twitpic saat searching dengan kata kunci "Sulamadaha". Beredar satu gambar yang wah luar biasa! Ternyata Ternate punya satu pantai yaitu pantai Sulamadaha yang sudah terkenal di Indonesia atau bahkan mancanegara (kurang yakin), dengan sebutan pantai kaca. Dimana air yang bening dan ikan-ikan kecil yang bermain di antara susunan karang akan terlihat jelas saat cuaca cerah.

Pantai Sulamadaha, Kota Ternate (foto: pribadi)

Sungguh luar biasa bangga karena kota tempat lahir ku bisa disanjung sedemikian rupa. Tapi tunggu dulu, informasi itu rasa-rasanya sudah usang. Mungkin jika kalian para backpacker yang telah merencanakan untuk travelling ke Ternate dengan tujuan pantai kaca yang diagungkan itu, sebaiknya urungkan. Karena apa yang akan kalian lihat sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Pembangunan yang asal-asalan, apa adanya dan tanpa keseimbangan dengan alam yang begitu indah serta tangan-tangan jail, mungkin beberapa dari banyak alasan selain kepentingan perut.

Kecewa? Kalian tidak perlu kecewa karena di Sulamadaha tidak hanya ada pantai kaca. Di Ternate pun tidak cuman pantai Sulamadaha, masih banyak tempat wisata yang pantas untuk kalian kunjungi. Selain itu, masyarakat disini pun ramah dan siap membantu, asal kalian punya senyum. Jadi sebelum kalian berkunjung, buatlah alasan untuk mengeksplorasi keindahan kota kesultanan ini daripada hanya mengandalkan pantai kaca.

Selamat datang, selamat datang di kota Ternate!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar